Kemudahan Bagi Manusia : Mengelola Pelatihan Karyawan Dengan LMS

Sudahkah Anda tau bagaimana mengoptimalkan LMS atau Learning Management System? Sistem ini dikenal mampu memberi kemudahan bagi manusia, dalam mendapatkan aktivitas pembelajaran berbasis elektronik yang memberi banyak manfaat.

Kali ini kami akan menjelaskan, bagaimana cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS agar fitur dan fungsinya mampu dimanfaatkan secara maksimal dan memberi manfaat besar.

Cara Mengelola Pelatihan Karyawan Dengan LMS

Perkembangan teknologi memang menguntungkan banyak pihak, terlebih lagi pengelola usaha atau sebuah perusahaan. Dimana mereka bisa memanfaatkan LMS untuk mengelola pelatihan karyawan, berikut cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS.

1. Menciptakan Konten Yang Mudah Dipahami

Cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS pertama adalah menciptakan konten yang mudah dipahami. Dalam memberikan pelatihan kepada karyawan, kita bisa memanfaatkan fiturnya

dengan membuat konten.

Media pembelajaran ini bisa digunakan untuk training atau pelatihan bagi para karyawan. Dimana biaya dikeluarkan dapat lebih rendah namun manfaatnya begitu besar.

Pahami dengan baik konten seperti apa yang ingin dibuat, dan apa yang ingin Anda sampaikan di dalam konten tersebut kepada peserta, pastikan semua aspek bisa tercantum di dalamnya.

Akan lebih mudah bagi peserta dengan melihat konten tersebut, daripada memahaminya dalam waktu terbatas apabila melakukan pelatihan secara langsung.

Baca Juga: Alasan Belajar Dengan Microlearning

2. Memilih LMS dengan Tepat

Ada banyak jenis Learning Management System dapat Anda pilih, namun ketahui kebutuhan seperti apa yang diinginkan agar menemukan metode tepat. Seringkali kita salah dalam memilih jenis LMS, yang membuat metode pelatihan diberikan kepada peserta tidak tepat dan membuatnya menjadi sia-sia.

Jangan sampai hal ini terjadi, karena nantinya Anda juga yang akan merugi. Oleh karena itu pilih jenis LMS yang sesuai, seperti halnya LMS Naolearn.

Baca Juga: Naolearn Alternatif Metode Pembelajaran Efektif

3. Pahami Fitur yang Tersedia

Cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS berikutnya adalah dengan memahami fitur yang tersedia, jangan Anda menyia-nyiakan fitur telah tersedia dengan tidak menggunakannya.

Seperti halnya fitur mobile microlearning yang dimanfaatkan, membuat Anda dan peserta bisa mendapatkan materi secara sedikit demi sedikit sehingga lebih mudah dipahami.

Learning Management System atau LMS juga memungkinkan Anda membuat laporan. Misalnya laporan mengenai pelatihan yang telah Anda lakukan kepada peserta, bagaimana progress dan umpan balik diberikan peserta.

Baca Juga: 7 Keunggulan LMS Berbasis Mobile

4. Mengakses Materi Training

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ialah, kemudahan dalam mengakses materi training atau pelatihan yang sulit didapatkan apabila tidak bertemu secara langsung.

Tentunya hal ini akan sulit dilakukan, apabila tidak ada pelatihan yang diadakan secara langsung oleh perusahaan Anda. Namun kini hal tersebut bukan menjadi keterbatasan lagi.

Saat pihak perusahaan mengirimkan materi melalui platform LMS, nantinya peserta atau karyawan bisa mengaksesnya secara langsung, dengan begitu Anda tidak kesulitan upgrade soft skill karyawan.

Materi pelatihan yang diberikan nantinya bisa diakses kapan saja audience membutuhkan. Jadi HR juga tidak perlu repot menyiapkan atau memberikan materi secara langsung.

5. Mengadakan Kelas Online

Cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS selanjutnya adalah dengan mengadakan kelas online, inilah salah satu kemudahan bisa perusahaan ataupun karyawan dapatkan dengan menggunakan LMS.

Di mana Anda bisa mengadakan kelas online, yang membuat karyawan bisa meningkatkan kualitas dirinya kapan saja. Terlebih lagi kelas online ini dapat menyajikan beragam materi digital.

Pengadaan kelas online dalam mengelola pelatihan, bisa menjadi ide menarik untuk Anda lakukan untuk perusahaan, untuk meringankan biaya serta menghemat waktu agar lebih efisien.

6. Memanfaatkan Forum Diskusi

Tips terakhir adalah memanfaatkan forum diskusi. Fitur ini sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan juga karyawan untuk menghubungkan antara pembicara dengan peserta.

Para peserta bisa lebih fokus mengeluarkan ide dan pemikirannya, yang membuat Anda sebagai bagian dari perusahaan dapat menilai para karyawan dengan baik.

Di sini Anda juga bisa membahas materi pelatihan, berbagi informasi data atau survei yang telah dilakukan, sehingga banyak pembahasan bisa diangkat melalui forum ini.

Itulah beberapa cara mengelola pelatihan karyawan dengan LMS, yang bisa bermanfaat bagi Anda untuk diterapkan pada perusahaan agar manajemen pembelajaran bisa bekerja secara maksimal. Jadwalkan Demo Gratis bersama Learning Management System Naolearn sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.