Strategi Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM adalah wajib dibuat sebagai upaya menarik perhatian calon karyawan baru. Selama ini banyak ditemukan kasus pegawai mengundurkan diri karena tidak memiliki jenjang karir yang jelas.

Strategi itu dibuat agar menguntungkan bagi karyawan maupun manajer. Dengan demikian, prestise karyawan akan meningkat sehingga antusias dalam memenuhi semua target kerja.

Adanya jenjang karir akan menciptakan rasa tenang karena memiliki masa depan yang baik. Kebutuhan karyawan menjadi terpenuhi dengan adanya fasilitas pendukung selain gaji.

Contohnya adalah rutin menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan karyawan untuk memperkaya wawasan dan pengalaman. Bagi pihak manajemen bisa menjadi solusi terbaik meminimalisir turnover karyawan.

Oleh karena itu, Anda wajib memahami hal-hal yang dibutuhkan karyawan.

Intip Berbagai Keuntungan Adanya Pengembangan Karir

Salah satu alasan mengapa banyak karyawan di perusahaan mengajukan resign adalah tidak adanya kejelasan tentang jenjang karir. Padahal, faktanya bisa memberikan efek positif terhadap organisasi.

Visi misi menjadi lebih mudah terealisasikan sehingga target-target perusahaan akan tercapai. Rencana yang Anda buat harus selalu dilakukan follow up agar berjalan dengan baik.

Selain itu, berfungsi mempermudah dalam hal penilaian kenaikan jabatan. Caranya dengan mempertimbangkan keterampilan dan kompetensi masing-masing. Dengan demikian, manajer lebih mudah menempatkan para karyawan sesuai kompetensinya.

Diharapkan bisa memaksimalkan hasil karya para karywan. Pelatihan dan pengembangan SDM ini banyak diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas dan seluruh karyawan akan memahami kemampuan masing-masing.

Adanya pelatihan dan pengembangan SDM bisa menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi kerja. Dengan demikian, kualitas kerja juga menjadi lebih baik sehingga semua pihak akan merasakan manfaatnya.

Efek lainnya adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Harapannya adalah para karyawan mampu bersaing di dunia kerja. Selain itu, juga memberikan dorongan untuk bekerja lebih giat lagi.

Cara Membuat Strategi Pelatihan dan Pengembangan SDM

Strategi tersebut dirancang untuk meningkatkan antusias karyawan. Tujuannya agar kualitas kerja semakin meningkat. Karyawan semakin terdorong menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh tim.

1. Menentukan Jalur Terbaik untuk Peningkatan Karir

Pihak manajemen perlu melakukan survei tentang jalur yang diinginkan oleh karyawan. Tujuannya untuk menghindari effort yang akan terbuang sia-sia.

Jenjang karir di sini merupakan win-win solution baik untuk karyawan maupun perusahaan. Oleh karena itu, membutuhkan survei untuk menggali apa saja yang diinginkan oleh perusahaan.

2. Mengembangkan Peta Karir

Pelatihan dan Pengembangan SDM selanjutnya adalah memetakan jalur untuk masing-masing posisi. Dengan demikian, karyawan akan memahami jenjang karir kedepannya.

Contohnya Anda terjun di dunia kerja sebagai seorang Sales. Namun, ternyata Anda memiliki softskills dalam bidang IT. Apabila Anda melanjutkan pendidikan berkaitan bidang tersebut, maka bisa berpeluang menjadi IT Support.

3. Mengaplikasikan Struktur Organisasi yang Jelas

Strategi yang satu ini diperlukan dengan membuat bagan organisasi perusahaan. Dengan demikian, dapat diketahui dengan jelas posisi dan perannya masing-masing.

4. Menyusun Action Plan

Hal tersebut bisa terwujud karena setiap karyawan akan menikmati dampak positif adanya program pengembangan karir. Misalnya mengaplikasikan sistem pelatihan baru.

Selanjutnya, menentukan kapan waktu terbaik untuk menerapkan sistem tersebut. Selain itu, Dalam menyusun perencanaan, sebaiknya Anda melibatkan karyawan. Oleh karena itu, Anda juga harus bersikap fleksibel.

Sikap Anda ini akan berdampak baik untuk kemajuan perusahaan. Hal ini memberikan kesempatan bagi karyawan dalam menyampaikan pendapat. Bisa jadi, usulan dari karyawan efektif untuk dijalankan.

Setiap orang pasti menginginkan karir yang bagus untuk masa depannya. Oleh karena itu, Anda harus menyusun program pelatihan dan pengembangan SDM dengan baik agar tepat sasaran.

Baca : 5 Cara Kembangkan SDM di Perusahaan

18 Comments
escottern

spironolactone vs lasix Food prices are quite high here and I grab a deal when I see it

arbiffmem

In a population study of over 1300 women, circulating IL 6 levels significantly increased among women consuming at least one alcoholic drink per day, while no increase was reported among women with light alcohol intake i lasix interactions

flavova

His interest in helping families fight against insurance companies began shortly after Mr cheap cialis online pharmacy

reewini

stromectol near me An additive role in combination with other markers to detect cross talk dependent tamoxifen resistance was noted

Lypeseaps

Licorice Root priligy equivalent Richard did the tattooing and it was all over much quicker than I expected

pymnIncup

nolvadex dose for pct Figures 2A and 2B and О”C T is the C T difference between HOXB13 and IL17BR, were highly correlated with the microarray derived data r 0

OthetsVet

CCh induced I K, ACh was greater in SR RA than in SR LA, indicating a clear right to left gradient clomid ovulation pills for sale alberta Few side effects for me although I may be attrib

Alantee

Angel, USA 2022 05 19 13 18 00 best way to take lasix

blelsowly

doxycycline for cellulitis The fluorescence of GFP remains unchanged but becomes more sensitive to the physicochemical environment 49, 50, 51

exotrup

Extracts of the Wild Potato Species Solanum chacoense on Breast Cancer Cells Biochemical Characterization, In Vitro Selective Cytotoxicity and Molecular Effects stromectol crema The USPSTF updated its guidelines for primary breast cancer risk reduction in 2019 10 The USPSTF recommends that clinicians engage in shared, informed decision making with women who are at increased risk for breast cancer about medications to reduce their risk

Leave a Reply

Your email address will not be published.